Rabu, 31 Desember 2014

"Dasarnya Otak Kualitatif"

Selain mata kuliah (MK) yang berbau-bau alat tes, di semester ini juga ada MK yang unik binti cihuy nan ulaalaa yang namanya Psikologi Eksperimen.. Buat mahasiswa/i Psikologi, pasti udah nggak asing lagi denger MK ini.. Dalam kurikulum 2006, MK ini dapat dipelajari di Semester 5.. Tapi gue sendiri belum tau, di kurikulum 2013 MK ini dapet di semester berapa.. Jadi, buat adik-adik yang menggemaskan diluar sana, silahkan buka buku agendanya masing-masing yesss~~

Nah ceritanya, tugas UAS untuk MK ini adalah bikin PROPOSAL PENELITIAN EKSPERIMEN.. Yang namanya PROPOSAL, udah dari jaman batu, formatnya emang cuman ngerjain BAB 1 sampe BAB 3 (AJA)..
Bikinnya nggak bisa sembarangan.. Paham sama MK ini aja, (buat gue) udah syukur Alhamdulillah Maha Suci dan Maha Besar Allah SWT banget deh yaa.. Karena yaa emang bener-bener gue kelabakan sama MK ini dari awal semester.. Kelas jam 07.00 pagi, dengan pembahasan yang lumayannnn (berat, titik.!)..

Sesuai survey KEPOnya gue, diketahui bahwa kebanyakan anak kelas nyari ide buat judul dan pembahasan proposal ini butuh berminggu-minggu sebelum hari H pengumpulan (terus gue berkaca : "Gue belum ngelakuin apa-apa")..
===

*walaupun sholat suka bolong-bolong :D, tapi gue nggak pernah lupa bersyukur atas apa yang Tuhan kasih ke gue setiap detiknya* *coba buka hadist* *orang bersyukur, bakalan dikasih lebihan terus sama Tuhan* *jadi begitu yaa saudara-saudara* ^_^

Tiba disuatu malam, ada yang laporan ke gue kalo doi galau gara-gara bakalan LDR sama pacarnya.. Baru 'bakalan' yaa, belum 'udahan' LDRan nya.. 
Oiia buat yang belum tau singkatan LDR itu apa, jadi LDR itu (Long Distance Relationship) bukan (Lo Doang Relationship, yaaa...!! -_-")
Terus otak gue jalan menyusuri lembah dan pegunungan (nggak denggg, candaaa).. Maksudnya, terus otak gue mikir, gimana kalo fenomena asoy ini gue jadiin pembahasan buat proposal penelitian eksperimen gue.?!! Kan ceritanya doi galau, terus gue sangkut pautin sama kecemasan *psikologi banget nggak tuhhh..??? :D* Terus baru deh gue kasih intervensi biar keliatan eksperimennya.. *AHA...!!*

Nah terus jadinya kayak gini :
Kasusnya LDR + Khawatir = Kecemasan meningkat
Intervensinya LDR + Cemas = Individu Melakukan Konseling Behavior pake Teknik Sistematik Desensitisasi
Hasilnya LDR + Konseling Behavior pake Teknik Sistematik = Kecemasan menurun
Hehehe.. Gimana tuh pak dosen.?????
===

Namanya juga manusia yang nggak luput dari kesalahan dan dosa *halah*, tadi siang di temenin Dhuha, gue mampir ke prodi buat konsultasi apa ada yang perlu di revisi dari kerjaan gue..Tiba-tiba begini verbatimnya :
"Setelah saya baca, menurut saya Fika sudah bagus menjelaskan seluruh fenomena dan konsep yang sesuai dengan apa yang mau bahas.. Fenomenanya menarik"
"Huaaa, Alhamdulillah yaa pak"
"Iyaa tapi ada satu kalimat yang menurut saya terlalu SUBJEKTIF.. *sambil nunjukin kalimat yang doi maksud di paper gue* Tolong diperbaiki lagi ini-ini-ini-nya yaa"
"Hmmm, gitu yaa pak.. Oke"
blaa blaa blaa~~~~~

Keluar ruangan prodi, gue mikir..
"Dasarnya otak kualitatif, mau ngerjain Kuantitatif ataupun Eksperimen, subjektifitas gue masih ketinggian tingkatnya.. Waduhhh baekk baekk ini mah~~" *gue ngakak sendiri* *kali ini ngakaknya nggak ngajak Dhuha*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar