Sabtu, 22 November 2014

Miss You My Clever Child


Foto di atas adalah salah satu dokumentasi gue sama testee minggu lalu.. Gue nyebutnya 'clever child', alesannya yaa apalagi kalo bukan karena doi cerdas.. Doi gue minta ketersediaannya untuk bantuin gue berpastisipasi dalam tes Inteligensi.. 

Iyaa, di semester yang cihuy binti ajaib ini, kurikulim di kampus gue mewajibkan mahasiswa dan mahasiswi program studi Psikologi nya mewajibkan untuk ikut dan masuk kelas Tes Inteligensi.. Awalnya, gue rada gimanaaaaa gitu sama mata kuliah ini.. Secara cuman 2 SKS, dan gue juga dapet laporannya kalo mata kuliah ini salah satu mata  kuliah cihuy yang harus 'siap sedia tahan banting' untuk bisa nyeleseiin kerjaannya.. Itu kan WAW banget yak.?! Makannya awal gue tau bakalan ada mata kuliah ini, gue sih ready-ready aja dan santai.. Nyatanya yaa tetep ready tapi nggak nyantai sih, bhahaha..

Eh BTW, kita lanjutin cerita pas gue intake aja yukk~~

Nah jadi, ceritanya gue dapetin testee gue ini karena bantuan kak Tyo.. Doi salah satu asdos terkemuka di mata kuliah Tes Bakat dan Tes Inteligensi.. Cuman gue bukan anak tutornya dia sih, yang anak tutornya itu Firman (pairing gue).. Di akhir kelas kak Tyo bilang ke gue kalo doi punya keponakan anak umur 6 tahun, gue pikir cewek lucu nan imut-imut.. Ehhh tau-taunya cowok.. Dengernya aja gue keburu jiper.. Mana anak 6 tahun itu nggak semua bisa diajak kompromikan yaa.?! Alhasil gue lumayan panik.. Dasarnya gue kurang suka anak-anak, karena emang masa kecil gue yang lumayan ngaco itu.. 

Tapi gue mencoba manage emosi gue.. Kak Tyo janjiin gue buat ketemu testee sebelum hari intake tiba, jauh-jauh ke ujung berung alias Pondok Labu.. Sampe sana, gue liat kelakuan tu bocah clever.. Observasi kecil-kecilan gue lakuin sesuai kemampuan gue dan sesuai permintaan kak Tyo juga.. Gue di ajak maen bola masaaaaa.. Lomba lari dari ujung jalan ke ujung jalan.. Maenan mobil-mobilan, sampe kita berdua maen di kebon deket rumahnya yang banyak pohon ilalang yang bikin gue gatel-gatel udahannya, bhahaaa..

Tau-tau ujan deres banget.. Selesai makan, si bocah clever tetep aja ngajakin gue maen bola di teras rumahnya.. Lempar-lemparan bola sih lebih tepatnya.. Sampe kak Tyo (Om nya si bocah clever + asdos gue itu) ngambilin bolanya yang glinding jauh sampe ke ujanan.. Gue sih ngakak dalem hati.. "Bhahaa, gilak dikerjain anak bocah"..

Peka karena kak Tyo bilang "Mau balik jam berapa fik.?", akhirnya gue memutuskan untuk 'menyudahi' PDKT gue dengan si bocah..
Kita pulang.. Gue tetep berharap bahwa besok dia bisa bantuin gue ngelancarin administrasi alat tes WPPSI (Wechsler Preschool and Primary Scale of Intellegency) di kampus sebagai first intake gue di mata kuliah tes Inteligensi ini..
Di jalan, gue banyak cerita sama kak Tyo atas apa yang gue dapetin dari hasil observasi sederhana gue tadi lewat main-main sama dia.. Dan ternyata, deket sama dia nggak sesulit yang gue bayangin.. Selain emang dasarnya itu bocah punya seahlian khusus buat cepet deket sama orang lain yang baru dikenalnya, doi juga nggak begitu sulit ketika kak Tyo bilang "Besok bantuin Om kerja yaa dikampus.. Nanti kamu sama Tante Fika".. Dan anak-anak nya 'iyaa iyaa' aja.. Alhamdulillah sih yaa..
===

Suara mobil kak Tyo kedengeran jelas saat melaju mendekati gedung C (Gedung C adalah lokasi intake gue minggu lalu dikampus).. Gue emang nunggu kehadiran mereka dari jam 7 pagi, dan mereka baru dateng jam setengah 9-an.. Di dalem mobil, selain liat kak Tyo gue juga ngeliat ada testee gue itu.. Mobil berhenti, dan langsung gue samperin testee gue.. Sambil mengucap "Selamat Pagi, masih inget kakak nggak.?" Kak Tyo mencoba nge-recall ingatan keponakannya itu " Tuh selamat pagi, tante Fika yang kemaren".. Si testee masih diem aja.. Gue bukain pintu, dan dia liat keseluruhannya tubuh gue dengan pakaian rapih, dia mungkin baru 'engeh' kalo gue yang kemaren main-main bola sama dia dirumahnya.."Yukk turun yukk.. Kita duduk disana" Lanjut gue.. Doi turun,
dan kita lanjut duduk di luar ruangan intake..

Karena gue mesti jadi observer pairing gue, akhirnya testee gue titipin ke Om nya sampai intake pairing gue selesai.. Gue kasih pengertian ke testee gue, dan alhamudulillah nya doi paham.. Gue udah ketar-ketir tuh padahal.. Ngeri testee gue bosen dan malah minta pulang.. Intake beloman, testee nya keburu tantrum minta pulang, kan bahaya yak.?! Tapi alhamdulillah nya testee gue ini pengertian dan cerdas (lagi-lagi cerdas yaa).. Tepat jam 10.28 akhirnya gue kebagian intake.. Pairing gue udah siap sedia jadi observer,tutor gue yang nggak lain juga Om nya testee sudah ready jadi observer gue dan testee.. Sementara testee gue juga udah nggak sabar juga mau 'main-main' bareng gue dan alat tes ini..

Alhamdulillah, gue bisa nge-lead doi selama 10 subtes  dengan berbagai macam cara gue.. Termasuk, ngasih instruksi peregangan tubuh karena doi bilang dia pegel.. *ngekkk ngokkk* Bhahaha, kocak.. Kak Tyo, Firman, sama Ghina sampe ngakak ngetawain gue.. "Sialll, puas kan idup lo pada ngetawain gue.?! HAH.?!"

Kurang lebih nggak nyampe 2 jam, tes selesai.. Demi apapun gue bahagia dan seneng banget.. Segala ketakutan,alhamdulillah nggak kejadian karena testee gue yang cerdas dan administrasi gue yang lancar jaya (kayak nama bis AKAP yee, hahaa).. Even ada 2 hal yang sempet jadi kendala selama administrasi tes berlangsung.. Tapi nggak apa-apa.. Namanya juga intake pertama kali, masih belajar dalam tahapan pengenalan administrasi tes yang sesungguhnya seperti apa.. Jadi santai dan aman-aman aja yesss.. :D
===

Dan sekarang, hari ini, tepat banget seminggu berlalu.. Nggak peduli berapa nilai gue nanti, yang jelas gue sangat berterimakasih karena dia udah bantuin gue dan ngasih pengalaman baru buat gue.. Pengalaman menyenangkan karena bisa mengadministrasikan alat tes dengan cukup baik.. Dia emang masih kecil, dan mungkin nggak terlalu ngerti sama tujuan gue kemaren minta bantuan dia buat apa.. Dan bener kata Om-nya.. Doi emang anak ajaib.. Anak ajaib yang bikin gue envy ngeliat anak-anak gelombang ke 2 nge-share foto mereka bareng testee nya masing-masing.. Huaaa.. 
"I miss you my clever child"
===

Oiia, nggak lupa juga gue ucapin terimakasih ke kak Tyo yang udah mempertemukan gue sama si cerdas..

Oke, segitu dulu cerita first intake gue.. Insya Allah bulan Desember nanti gue intake kedua dengan alat tes yang berbeda.. Nantikan aja ceritanya...!! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar