Sabtu, 18 April 2015

Menghargai Privasi

Lagi dan lagi, gue gagal ketemu Ayah..
===

Ceritanya, Sabtu ini ada 2 mata kuliah kelas pengganti dengan total SKSnya 4.. Tadinya gue mau cabut dan lebih milih untuk nggak kelas dan balik ke Halim.. Cuman gue mikir, sayang juga kalo gue nggak kelas.. Karena gue lumayan 'tertarik' sama dosennya.. Metode belajar yang diterapi emang basi banget sih sebenarnya, presentasi dan cemarah di kelas.. Cuman, kalo liat-denger-menyimak apa yang dijelaskan, gue bisa dapet banyak banget pengetahuan baru, terutama istilah-istilah ilmiah yang baru gue pahamin artinya dari informasi yang terberikan..

Yaaa bisa dikatakan dosen ini punya banyak banget wawasan ilmu sosial, politik, agama, dll nya yang lumayan terkoordinasi dengan baik sama otaknya itu.. Saluttt sih, dan gue yakin dia bukan orang sembarangan juga..
Nah makannya gue nggak mau cabut dan milih untuk tetap kelas walau pada akhirnya gue telat setengah jam, hahaha (abis pagi banget mulainya -_-")

Kebetulan 2 mata kuliah ini satu dosen, jadi selesai mata kuliah yang pertama kita lanjut terus tancap gas buat lanjut materi di mata kuliah yang kedua.. Hmmm alhamdulillahnya nggak nyampe mabok sih gue, NGANTUK iyaaa~~ wkwkwk..

Kelas selesai sekitar jam setengah dua belas siang.. Keluar dari salah satu kelas keramatnya mahasiswa/i Psikologi Universitas Paramadina (read : Ruang A.2.7), gue lanjut ke ruang kelas di gedung B (berasa kampus luasnya 3 ribu hektar yeee) buat lanjut latihan choir.. Dan selesai latihan kira-kira jam 2 siang barusan, gue lanjut balik ke Halim..
===

Yapsss bener banget.. Karena ikut kelas pengganti dan tambahan jadwal latihan, akhirnya dengan perasaan BT campur-campur, gue GAGAL lagi buat ketemu Ayah.. 
Bokap gue yang perut buncitnya makin nggak nahan itu, udah lanjut jalan ke kantor sejak pagi tadi.. 
"Yaaa kalo gini muluk gimana bisa ketemuan ngobrol.?! -_-" begitu ucapnya gue saat masuk rumah dan nanya -"Ayah mana.?"- ke teteh..

Cuman jangan syedihhh.. Baru naro pantat di atas tempat tidur, bokap nge-line yang intinya :
"Kakak, udah sampe rumah.? Itu di kamar ada surat dari kampus"
"Udah yah, baru aja sampe.. Ayah udah berangkat aja sihhh"
"Iyaa boss, hari Senin pulang"
"Oke, take care"
Yaa gitulah intinya yaa temans-temans~~

Terus gue lanjut ke kamarnya dan menemukan amplop yang dimaksud bokap barusan.. Ternyata, amplop itu dari kampus yang rutin di kirim ke rumah-rumah orang tua atau wali dari mahasiswa/i di kampus.. Katanya sih nggak semua dikirimin, tapi alhamdulillahnya sejak semester 1 gue selalu dapet kiriman ini.. 
Menurut gue ini bagus supaya orang tua bisa kontrol aktivitas anaknya di kampus.. Walaupun udah itungan dan masuk usia dewasa muda, sebagai mahasiswa/i kan juga masih jadi seorang anak kan yaaaaa.???
===

Hmmm jadi inti dari postingan gue kali ini adalah, betapa bokap gue sangat menghargai privasi anaknya ketika sebenarnya bokap tau amplop itu dari kampus, dengan isi nilai-nilai gue dan absensi gue selama kuliah satu semester kemaren.. Tapi bokap memutuskan untuk nggak ngebuka amplop itu dengan 'membabi buta' tanpa ada gue dan tanpa gue tau bahwa amplopnya udah sampe..
SEGITUNYA sih yaa gue mikir..
*peristiwa ini sudah sering terjadi sejak gue SMP*

Nggak cuman bokap, tapi nyokap gue juga gitu.. 
Dasar mereka hanya percaya, dan anggap gue udah dewasa.. Percaya gue bisa handle apapun, percaya sama apa yang gue lakukan di luar batas penglihatan dan pengetahuan mereka, serta percaya akan segala urusan pergaulan dan lingkungan sosial gue..
Mereka begitu banyak kasih kepercayaan ke gue.. Terutama semenjak gue kuliah, memutuskan untuk pulang kerumah diatas jam 00.00 setiap hari (karena ikut kegiatan kampus), nge-kost sendiri, dan apapun itu yang nggak bisa disebutkan disini satu per satu..

Gue nyaman di giniin.. 
Gue jadi lebih bisa handle urusan gue sendiri..
Gue merasa terhargai ketika ada yang menghargai segala bentuk privasi gue..
===

Dan pada akhirnya gue buka amplop itu, gue buka lebar-lebar setiap lembar kertas di dalamnya, gue cek, dan gue taro lagi di atas meja TV kamar bokap.. Berharap ketika doi balik kerumah nanti, doi bisa liat isinya apaan.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar