Kamis, 15 Januari 2015

Sukar Menerima

Oke, postingan tadi cuman lucu-lucuan aja.. Sekarang gue pengen bahas yang serius..

Ini soal MK yang gue ikutin di semester 5.. Namanya, PSP (Penyusunan Skala Psikologi).. Nggak mau nyari citra apa-apa, gue emang kurang yakin bisa lulus mata kuliah ini dengan sempurna sejak awal semester.. Karena apa.?! Karena PSP membahas semua hal yang gue sendiri kurang perhatian sama hal-hal didalamnya itu.. "Bukan gue banget lah" begitu ucapnya gue..

Yang namanya penyusunan skala, otomatis berurusan sama angka, rumus, cara hitung, yang dasarnya kuantitatif.. Trauma masa kecil ketika gue di bentak habis-habisan sama guru dan orang tua ketika mereka ngajarin gue soal matematika, ternyata berdampak sampai sekarang.. SD-SMP-SMA, gue sama sekali nggak nyetak prestasi apa-apa di bidang matematika.. Operasi hitung dan segala macem tektek bengeknya itu, gue rasa sangat lemah pada diri gue.. Ketakutan akan ngerjain soalnya karena bentakan itulah yang bikin gue sukar buat paham dan ngerti apa yang mesti gue lakukan ketika gue dihadapkan oleh segelintir prosedur buat dapetin hasil akhir..

Yaa, dan itu gue alami lagi untuk proses pengerjaan tugas ini..
Tugas UAS gue dkk adalah mengoprasikan skala dari tes abilitas yang datanya berasal dari anak-anak SMK di salah satu sekolah menengah kejuruan di daerah Jakarta Selatan.. Dari tes abilitas (tes kemampuan) itu, selanjutnya data yang diperoleh wajib di olah dengan sebuah aplikasi yang namanya Lisrel..

Soal tes abilitas, gue yang buat.. Nyebar data dan minta ijin ke sekolah (buat jadiin siswa/i nya partisipan) pun, gue yang jalanin.. Tapi entah kenapa buat ngolah datanya itu ke dalam bentuk aplikasi yang sudah di tentukan kok rasanya sulit bangettttt.. Beruntung gue punya partner group yang kece : "Geges" dan "Anggre".. Mereka yang udah semangatin dan bantu gue ini itu sampe manage mood dan emosi gue yang keseringan turun-turun-turun buat ngerjain tugas yang satu ini..

Sampai pada akhirnya (hari Rabu kemaren) tiba pengumpulan tugas UAS itu..
Lubuk hati terdalam gue merasa bahwa gue sangat kecewa dengan tidak terkoneksinya diri gue antara otak-hasrat-emosi.. Gue sedih, gue marah, dan gue bingung- pada diri gue, sendiri..
Ketakutan akan 'gagal' itu pun terulang lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar