Selasa, 13 Januari 2015

Adat, bukan Ke-Iman-an

Selamat Pagi...!!
Kali ini gue mau bahas tentang Adat di keluarga gue.

Dua hari yang lalu, gue ulang tahun.. Dan dua hari yang lalu juga, pertama kalinya Ayah ngucapin "Selamat ulang tahun" ke gue hanya via Facebook.. Lebay sih karena kata 'hanya' nya gue cetak tebal.. Tapi yaa itu beneran pertama kalinya, dan pas ketemu doi ngeloyor gitu aja nggak ada ngomong A atau ngomong B atau ngomong C atau ngomong D atau ngomong E~~~~~~
Terus gue mikir "Ini bokap nggak punya otak apa gimana.?!" Jelas-jelas kemaren gue, Mama sama Ayah diberumah bertigaan.. Yakali lo ngomong di Facebook sementara lo nggak ngomong apa-apa ke gue pas kita ketemu buat makan siang bareng.?! Kan kocak yaa..

Hmmm tapi ya udsss lah.. Gue emang biasa nerima perlakuan kayak gini kalo lagi ulang tahun.. Karena dasarnya, keluarga gue nggak ngenal adanya 'tepuk tangan', 'nyanyi-nyanyi', 'tiup lilin', 'dan ngasih kejutan' di hari ulang tahun.. Plus, kayaknya sekarang udah mulang nggak ngenal adanya 'ucapan selamat' lagi.. Hmmm..
===

Hal itu terjadi, bukan karena tingkat keimanan keluarga kami yang super duper tinggi.. Itu hanya adat dan kebiasaan keluarga aja..
'Lo ulang tahun, harusnya lo ngucap syukur banyak-banyak karena Tuhan masih ngasih lo umur panjang sampe sekarang'..  
'Lo ulang tahun, harusnya lo sadar lo makin tumbuh jadi manusia dewasa yang semakin punya tanggung jawab besar'.. 
'Lo ulang tahun, harusnya lo banyak doa karena usia lo (secara nggak langsung) berkurang di catetan Allah buat nikamatin dunia yang (katanya) kayak gini doang nikmatnya'.. 
Yaa kira-kira gitu pandangannya..
Bahkan dari gue kecil nggak ada tuh perayaan HUT yang sampe ngundang badut dan sorak soray di kelas SD sambil makan mekdi, hokben, awe, kaefci, atau apapun itu yang sejenis (kayak yang biasa temen-temen sebaya gue lakukan kalo mereka ulang tahun)..
*ehhh tapi gue lupa, soalnya tiap gue ulang tahun, sekolah pasti masih pada libur kenaikan semester.. jadi nggak ada per-sekolah-an (bukan per-kuliah-an, wkwkwkwk)~~

Hmmm eniwei, yaa gitulah keluarga gue.. Untung aja gue diberikan banyak lekukan otak yang bikin gue jadi anak cerdas dan untung nya lagi orang tua nggak pernah ngebatasin gue buat bergaul sama siapapun.. Selama raga dan jiwa gue masih terkendali, mereka aman lepas gue bebas kenal ini itu..
Karena mereka selalu menyatakan bahwa mereka anggap gue seperti sebuah layang-layang..
"Gue diterbangkan, dikenalkan pada lingkungan bebas dan luas disana.. Tapi gue akan semakin ditarik kencang, kalo terbangnya gue melampaui jalur yang berada pada zona aman.. Mereka yakin, selama senarnya mereka pegang, layang-layang itu nggak bakalan putus"

Cara dan adat itu yang juga mereka terapkan buat gue dan kakak-kakak untuk bisa kami kembangkan yang selanjutnya dapat menghandle sesuatu yang kami rasa 'kurang pantas' ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar