Jumat, 18 Juli 2014

Trust

Ceritanya kemaren..

Nggak mau berlarut-larut ngerasain kondisi badan yang nggak sehat, selesai sholat Subuh, saya mencoba membereskan seluruh ruangan di rumah.. Pekarangan, ruang tamu, ruang TV, kamar-kamar, isi lemari yang mulai berantakan, sampe bersihin 2 toilet belakang.. Capek.?! Lumayan.. Jarang-jarang saya bisa se-gila ini beres-beres rumah.. Terlebih lagi masanya puasa..
*Biasanya cuman beresin kamar, nyapu, ngepel, ngelapin barang-barang, sama bersihin pekarangan rumah didepan doang..

Selesai jam 13.25.. Banyak keringat yang muncul kepermukaan kulit, bikin pakaian yang dipake jadi basah.. Terasa suhu badan saya memanas dan mulai terasa energinya..  Yaa mudah-mudahan aja bisa langsung sehat 100% yaa.. *Amin..

Udah beresin rumah, lanjut beresin badan.. Abis mandi, lanjut Dzuhur-an, lanjut tidur-tiduran di kamar sambil nonton TV..
Dari kamar depan, Ayah teriak "Kakakkkkk.."
"Ape cuy.?!"
"Ini ada telvon dari ------ ------" (Ayah menyebutkan salah satu perusahaan TV kabel yang menawarkan layanan jaringan internet & TV Global.. Sebut saja dengan 'FM')
"Kenapa lagi.?" 
"Dia nawarin pelayanan baru nih kak.. Kamu aja yang ngomong"
*Ayah ngasih Galaxy Mega nya dan nyuruh aku ngomong sama mba-mba operator di seberang entah berantah sana*

Selesai ngobrol sama si mba, ternyata doi menawarkan kami sebuah layanan terbaru dari FM yang (jujur), layanan tersebut memang sedang kami butuhkan di rumah, yakni pemasangan Wifi..

Jadi guysss, 2 tahun lalu ada orang dari pihak FM datang ke rumah dan menawarkan jasa pemasangan TV kabel plus internet unlimited di PC (Personal Computer).. Cukup tergiur dengan tawarannya, akhirnya kami sekeluarga memutuskan untuk meng-iya-kan tawaran tersebut, dan tidak lagi menggunakan antena TV berlempengan putih (yang biasa di taro di atas genteng rumah) dari merk lain tersebut.. *Abis mahal banget cynnn yang itu, hahaa..
Nah, udah dong.. Dengan hanya pembayaran Rp. 70.000 per bulan, kami sekeluarga bisa nikmatin chanel global dan internet unlimited di PC dengan kecepatan yang lumayan dahsyat (lupa berapanya).. Tapi, 1 tahun berjalan, tagihan tiba-tiba melonjak jadi Rp. 445.000 per bulan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.. Tanda bukti pemakaian pun nggak ada.. Padahal saat itu, kami sekeluarga jarang banget ngo-connect-in chanel global dan internetan.. Paling yaa Ayah doang buat nonton bola, dan sepupu kecil yang lagi seneng-seneng nya sama kehidupan di Facebook.. Kalo buat gituan doang, masa iya sampe segitunya tagihan.?!

Emosi, Ayah complain ke pihak FM.. Dengan alibinya, mereka ngejelasin kronologis dari pembayaran Rp. 70.000 per bulan yang ternyata hanya berlaku sampe 1 tahun doang.. Sementara, SPG mereka nggak ngejelasin kontrak tersebut di awal.. Pihak FM pun mengaku ada kesalahan dari pihaknya, dan mengganti kekeliruan tersebut dengan membebaskan kami mengakses internet selama 5 bulan tanpa ada tagihan..

-------

Sejak kejadian itu, Ayah agak sedikit 'sewot' kalo ada pembahasan tentang internet dirumah.. Doi juga udah nggak gitu respect sama FM karna kesalahan (salah satu) perusahaan besar di Indonesia itu..
"Kalo sejak awal bilang, mungkin Ayah bisa sedikit maklum dan akan mempertimbangkan untuk pemasangan dirumah.. Lah ini kan nggak ada.. Gimana tuh proses recruitment-an karyawannya.? Di kasih tranning nggak tuh mereka.?!"
Yaa begitulah.. Agak rempong juga berurusan sama laki-laki dewasa madya macam doi..

Dari sini, saya belajar bagimana sebuah kepercayaan muncul lewat persepsi baik di awal dan kredibilitas yang berhasil meyakinkan subjek sasaran sebagai pelancaran tujuan perusahaan..
Ayah percaya, perusahaan besar ini memiliki kredibilitas yang baik.. Ayah percaya dan sangat 'terpukau' dengan tawaran manis di awal.. Dan Ayah percaya, bahwa ini lebih baik dari itu..
Tapi, ketika kepercayaan tersebut di 'selewengkan' dengan se-enaknya, sorry morry stroberry tra laa laa-tri lii lii.. Mohon maaf lahir batin lah~~

*perenungan untuk kehidupan sehari-hari*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar