Senin, 14 Juli 2014

FGD Program Studi Psikologi

Pertengahan bulan Juni lalu - di siang hari -, handphone tiba-tiba berdering tanda ada telvon masuk.. Cek, liat nomer yang tertera, ternyata nomer kantor, karena diliat dari nomer seri didepannya yang berbeda.. "Wah, siapa nih.?!" pikir saya..
Diangkat, suara perempuan ngerespon balik dengan nada suara yang sudah cukup familiar buat saya..
"Oh, kenapa mba.?"
Yaaa ternyata telvon dari prodi..

Intinya sih, si mbak-mbak admin prodi yang cukup dekat juga dengan saya itu ditugaskan untuk menanyakan ketersediaan saya untuk ikutan FGD (Focus Group Discussion) bersama dengan 1 moderator (dari dosen prodi), 2 dosen prodi, 2 dosen luar biasa, 4 alumni prodi, dan 3 mahasiswa yang mewakili 3 angkatan.. 2011, 2012, dan 2013.. Sementara saya sebagai wakil angkatan 2012..

Secara definisi bisa dijelaskan bahwa FGD merupakan suatu metode penggalian data, yang dilakukan dengan cara berdiskusi secara kelompok terdiri dari 4-10 orang yang didalamnya terdiri dari moderator, notulensi, observer, dan peserta diskusi, untuk membahas (mendiskusikan) suatu topik yang kemudian dapat memperoleh data-data yang di inginkan sebagai suatu kesepakatan dalam diskusi tersebut.. FGD ini pun, biasanya dilakukan oleh peneliti dengan metode kualitatif atau oleh seorang pengamat, dengan tujuan tertentu..

Hmmm, cukup bangga sih, dan saya pun tau banget siapa yang merekomendasikan saya dalam diskusi penting kali ini, yang berkaitan dengan kurikulum serta tata pelaksanaan proses belajar mengajar selama di prodi Psikologi Universitas Paramadina ini.. ;))
Yaaa anggap, saya mewakili suara teman-teman satu angkatan dengan jawaban, saran, dan sedikit kritikan untuk prodi tercinta ini agar jauh lebih baik kedepannya, yang terprogram rapih dalam kurikulum selanjutnya..

Walaupun saya nggak bisa ikut berkontribusi sebagai Ketua HIMA Psikologi atau hanya sekedar anggota resmi HIMA Psikologi (secara full, karena terkendala kesempatan dan waktu), tetapi sumbangsih saya untuk prodi kesayangan ini akan terus saya upayakan agar terlaksana dengan rapih dan baik.. Aktif didalamnya, walaupun tidak tercatat dalam buku keorganisasian pengurus, sudah cukup cerdas bagi saya untuk melunasi kewajiban-kewajiban saya sebagai individu yang tergabung didalamnya..

*Selesai acara, saya dan peserta lain dibagi snack box untuk buka puasa dan surat tugas ini :



















*bentar lagi pointnya nambah lagi dong, hahaha..
Ini baru kuliah 4 semester loh, hehehe~~
*just shared broo* 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar