Minggu, 26 Mei 2013

Seperti Tingkat yang Menurun

Setelah melewati udara yang CUKUP sejuk tadi pagi (Jakarta broo kata 'CUKUP' aja udah lebih bagus hahaa)
Setelah latihan PC selama 6 jam non stop,, dan Setelah menikmati mendung,, gerimis,, yang kemudian mendatangkan hujan,, hari ini sampai juga dirumah dengan keadaan selamat sentausa (walaupun tadi sempet hampir disenggol metromini gara-gara nyebrang asal serobot hahaa)..

Rasa kebersyukuran setiap hari yang aku lalui sangatlah teramat dalam *behh kata-katanya lebay amat ya.?*

Bersyukur masih bisa melalui hari-hari bahagia ku bersama orang-orang sekitar yang baik-baik,, care,, dan sayang aku (aaa cucacuit) :*..
Mereka semua dateng nggak dengan sendirinya.. Tapi dianterin sama 'waktu' yang mempertemukan aku dan mereka.. Sama seperti 'waktu' yang mempertemukan aku dan kamu.. Pertama kali saat tatapan mata yang LANGSUNG ngarah ke aku ketika kamu memimpin sebuah talkshow di kampus,, sampe bikin aku degdeg serrrr dan selalu inget kejadian itu.. *eaaaaa..

[LANJUT FIK LANJUT...!!]
[OKE OKE MAAF YANG TADI SALAH FOKUS]

------------------------------------------------------

Cuman pengen berbagi ajaa..
Jadi gini : Kejadian pagi sampai siang di Monas barusan adalah kejadian yang bikin aku gedeg sendiri.. Nyampe Monas dengan pandangan yang menghalangi indahnya si 'emas monas' itu adalah sekumpulan anak-anak SMA dari berbagai daerah di Jakarta yang ngadain acara perlombaan PPB Indah.. PPB Indah adalah suatu perlombaan yang diadakan oleh organisasi Paskibra guna melihat bagaimana kreatifitas anak-anak bangsa ini  dengan perwujudan lewat gerakan-gerakan PBB ditempat atau PBB berjalan..

Masuk gerbang,, ketemu temen yang dulu satu angkatan dan sama-sama berjuangan banget untuk raih gelar Siswatama.. Ternyata doi ikutan ngelatih salah satu SMA yang ikut serta jadi partisipan di acara lomba tersebut..
Sebelum ngelatih di SMA itu,, doi sempet ngajakin aku join'an untuk sama-sama ngebangun organisasi ini..  Cuman karna banyak hal yang aku pertimbangkan,, akhirnya aku mengundurkan diri dan aku meyakinkan merekalah yang bisa melatih anak-anak SMA ini tanpa ada kerjasama secara langsung oleh ku,, walaupun kadangan suka aku pantau juga perkembangannya..

Kepercayaan mereka sebagai teman kepada ku untuk memegang satu sekolah dalam ekschool Pakibra memang bisa dibilang 90%.. Karna katanya mereka percaya sama mantan ketua Paskibra angkatan 3 di SMPnya terdahulu ini.. *Hahaaa*

Jadi sejarahnya gini :
Kenapa aku termasuk anak acceler.? Padahal aku bukan anak yang selalu mendapat ranking satu dikelas,, bukan anak yang pinter nyari muka ke guru,, bukan anak yang punya sekolah,, dan bukan juga anak yang orang tuanya kaya raya banget terus bisa nyogok sekolah biar acceler'in anaknya (yang kayak kebanyakan orang tua lakukan zaman sekarang)..
Jawabannya adalah karna aku aktif dalam organisasi sekolah.. Ikut Drumband,, Tari Tradisional,, sempet jadi atlet renang walaupun waktu itu masih SD hahaa,, dan organisasi yang masih berkesan dan membekas sampe sekarang adalah keikutsertaan ku dalam oraganisasi dan dunia ke'Paskibraan'..

Dunia Paskibra yang penuh dengan asem,, asin,, hambar, manis,, sampe pait pun udah aku laluin sampe sebegini terbentuknya mental beton yang nggak tau beratnya udah berapa ton *ah elahh lebay lagi.. maaf maaf*
Ehhh tapi seriusan juga sih.. di gembar-gemborin,, di julak-julakin,, di bimet-bimetin (bimet adalah singkatan dari Bimbingan Mental),, dan sampe gasruk-gasruk tanah campur kotoran pun udah pernah aku cobain..
Itu paitnya broo..
Manisnya iyaaa sampe diundang satu hari bersama Presiden dengan alasan karna aku termasuk anggota Paskibra terbaik saat itu *cieee bhaahaa* (walaupun cuman sehari sih.. tapi bangga loh sumpah nggak boong.. #eaa)

Dan karna peristiwa itulah aku di acceler kan oleh pihak sekolah.. [Cuman karna peristiwa itu.?] Iyappss bener banget.. Karna peristiwa itulah aku naik tingkat lebih dulu dari temen-temen sekelas.. (seharusnya saat ini aku baru merasakan euphoria kelulusan -_-")
Akibat ikut aktif dalam organisasi Pakibra itulah semuanya terjadi.. (dan yang pasti nggak lupa juga karna doa orang tua dan ridhonya Tuhan)..

Nah kaitannya dengan apa yang aku lihat di Monas barusan adalah ke 'gedekan' ku ngeliat anak-anak ini ngumpul baris berbaris,, ada komando yang ngomandoin cukup lantang juga,, ada pelatihnya juga,, tapinya aku merasakan anak-anak ini nggak ada jiwanya sama sekali.. Letoy parah.. Manja abis.. Dan ngerasa ini cuman ajang pamer buat mereka.. 
WHAT THE HELL.? Broo Sist.. This is your competition.. Seharusnya lo lo semua bangga akan kehadiran acara yang sebegini megah dan terkhususkan buat lo lo bocah SMA yang ikutan organisasi sekeren Paskib...!! Emosi liatnya,, serius..

Sempet-sempetnya dong mereka bilang "Kakk panas,, Kak cape',, Kak istirahat dulu.." pengen aja nyautin "Kalo lo semua nggak mau panas karna takut item,, nggak mau cape karna takut sakit,, dan pengennya bentar-bentar istirahat mulu,, mending lo semua nggak usah ikut Paskibra..!!"
Cuman nggak enak aja sama dua orang temen ku ini yang notabene nya adalah pelatih mereka.. Jadiii ywdhlah kalimat itu hanya keluar dengan nada santai tanpa mesti ngeluarin otot leher.. Bhahaa..

Ngasih pengertian aja sih ke mereka bahwa ini organisasi nggak sembarangan.. Tugasnya ngibarin bendera Merah-Putih yang merupakan perwujudan kemerdekaan yang udah numpahin banyak darah dan matiin banyak orang perkara ngibarin bendera jaitan tangan istri Presiden Soekarno ini sampe ujung tiang..
Organisasi akuan negara yang setiap tanggal 17 Agustus nongol di TVRI, LIVE hanya untuk ngibarin dan nurunin bendera duplikasi sangsaka yang asli itu.. Dan organisasi yang siap ngebentuk jiwa kepemimpinan dan keberanian anak muda jaman sekarang yang kebanyakan udah terpengaruh sama budaya luar..

Bagi aku yang udah jadi Instruktur Muda (walaupun cuman title karna udah terlanjur fokus sama organisasi kampus sekarang ini),, aku paham betul gimana kondisi mereka yang penuh tekanan karna emang target dari setiap pelatih adalah harus bisa ngedapetin apa yang mesti didapetin (menang).. Aku pernah ada diposisi mereka.. Aku tau banget gimana rasanya bersaing sama tim dari sekolah lain yang emang jam terbangnya mungkin lebih intensif daripada sekumpulan anak-anak ini yang aku temui tadi pagi..
Cuman dorongan untuk bisa (minimal) menampilkan yang terbaik tuh timbul dari dalam diri,, sesuai sama apa yang udah diajarin.. Nggak yang 'blesss' ngilang gitu aja gara-gara liat saingan yang terasa berat terus mental jadi malah 'memblee' kayak gitu..

Rada kecewa karna penurunan tingkat nasionalisme yang sampe sebegininya.. Sepele sihh emang.. Cuman gimana yah.? Justru dari yang sepele inilah kita bisa paham dan teliti betul perihal masalah beginian..
Nampilin kreasi yang udah dibuat sebagai kontribusinya aja udah 'angot-angotan'.. Gimana sama kondisi mental para pejuang jaman dulu yang siap mati ketembak buat bikin negaranya merdeka dan hanya sekedar 'mentokin tali ke ujung tiang' buat selembar kain warna Merah-Putih.?! Kita masih belum ada apa-apanya broo...!!

-----------------------------------------------

Hmmmm yang aku lakuin tadi sih nggak ada apa-apanya emang.. Cuman nasehatin,, dan ngasih semangat mereka.. Menyadarkan posisi mereka yang harus siap terima resiko dari apa yang udah mereka pilih.. Mereka pilih ikut Paskibra yaaa harus konsisten,, ikut aturan,, dan nggak 'nyeleneh'..
Karna "apa yang kita lakukan saat ini,, dampaknya buat kita juga kedepannya (baik atau buruk) dan kita harus terima itu"..

Good luck untuk juniornya teman-teman ku.. Semoga apa yang menjadi hasil minggu depan adalah hasil yang kalian ingin capai...!! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar