Minggu, 19 Mei 2013

# Miris,, meringis kesakitan

Agak miris ngelihat kejadian barusan..
Ada permasalahan apakah dengan si ibu yang tiba-tiba bersikap kasar dan mengeluarkan kata-kata kurang pantas,, apalagi didepan umum kayak tadi..
Walaupun nggak ada hubungan darah atau saudara dengan ibu-ibu itu,, tapi aku yakin dan bisa ngerasain apa yang si ibu rasakan.. Ngerti banget perasaannya yang pasti kesel dan marah sampe berapi-api gitu'.. Terbukti tangannya sampe bergerak cekatan dan penuh refleks mukul anaknya yang lincah banget lari sana-sini,, dari ujung ke ujung dan bercanda sama anak penumpang lain dalam TransJakarta tadi sore..

Kejadian itu tepat di depan aku.. Tepat di depan mata seorang mahasiswi Psikologi yang cinta banget sama perilaku anak-anak kecil yang menurut aku selain mereka lucu dan ngegemesin,, mereka punya konsep 'aktif' yang luar biasa.. Maksudnya adalah prosesnya belajar ngenal lingkungan dan caranya berinteraksi sama orang lain (orang baru)..

Sontak kaget dan entah kenapa tadi langsung nundukin kepala dan 'melototin' peristiwa itu..
"Bu.! Lo punya masalah apa sampe anak lo, lo pukul segitu kencengnya dan bunyi gedebukk..!!" Seriusan rasanya pengen ngomong gitu depan mukanya si ibu-ibu (persis)..
Tindakan kekerasan yang dilakukan orang dewasa terhadap anak kecil tuh nggak pantas dan nggak mendidik sama sekali.. Apalagi yang ngelakuin orang tuanya sendiri.. Itu sangat-sangat memprihatinkan..

Walaupun nggak ada niatan untuk ambil dan jadi psikolog anak,, tapi aku sangat-sangat menolak adanya tindak kekerasan terhadap anak siapa pun itu yang terlebih lagi adalah anak kandung.. Apapun hubungannya dan walau bagaimana pun keadaannya.. TETAP,, kekerasan adalah hal yang sangat tidak wajar untuk sekedar menyelesaikan permasalahan yang timbul.. Malahan banyak dampak kekerasan yang berujung rasa trauma,, perilaku semakin membangkang,, dan bisa juga menumbuhkan watak keras terhadap anak yang baik secara fisik atau psikis mengalami kekerasan tersebut..

Apa yang dirasakan si anak barusan,, aku yakin nggak cuman hari ini ia dapat.. Terbukti secara sekilas pun aku bisa lihat badan si anak yang penuh dengan luka dan agak lebam (biru-biru gitu).. Entah karna luka jatoh,, cubitan,, atau pukulan yang bekasnya masih keliatan banget di pelipis dan lengan sebelah kanan,, karna emang kulitnya rada putih jadi luka lebamnya bisa aku lihat walau sekilas..
Anak laki-laki yang kalo dilihat dari postur tubuhnya,, aku bisa prediksikan umurnya sekitar 7 tahunan.. Dan paham banget secara anak laki-laki lebih sering gerak kesana-kesini dan lari-larian kalo udah nemu ruang luas.. TransJakarta yang kami tumpangi adalah tipe bis gandeng yang jarak antara tempat duduk kanan kirinya lebih lebar.. Dan aku fikir masuk akal aja kalo anak itu berasa ini tempat bermainnya..

Emang nggak beneran kosong sih,, posisi ku saat itu juga berdiri karna ngalah sama nenek-nenek yang naik dari halte BNN.. (tapi ywdhlah.. toh berdiri pun masih kuat)..

Nahhh.. Setelah kejadian,, nggak tau kenapa anak laki-laki itu tiba-tiba 'ngedoprak' kaki aku dan langsung meluk gitu sambil ngerintih "sakit kak"..
Yaampunn miris banget liatnya.. Dia ngadu dong ke aku...??!!! Ini apa-apaan coba.?!
ooo mungkin karna posisi ku yang berdiri dan nggak jauh dari dia kali yaa.. Tangan imutnya terus aku pegang dan aku 'eluss-eluss'.. Sambil nanggepin itu anak,, pikiran ku bercabang mikirin kejadian yang aku alami hari ini,, khususnya sore tadi,, di dalam bis TransJakarta.. #MIRIS..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar