Kamis, 19 Februari 2015

Pelajaran Lagi

Gue belum juga bisa tidur.. Gue memikirkan apa yang terjadi pada diri gue.. Pribadi yang kerap berlaku salah dan dosa, yang sering ngomong jorok, kasar, dan kerap kali bersikap seenak jidat..
Hal itu sering gue fikirkan, refleksikan, dan sadarkan ke diri gue sendiri tiap malam (apalagi menjelang tidur kayak gini).. Masihnya gue berada pada rasa ketidakpuasan yang gue punya bikin gue jadi pribadi yang sukar sadar kalo gue cuman pribadi yang 'biasa aja'..
===

Sore tadi, gue dapet pelajaran.. Lagi dan lagi.. Pelajaran hidup yang gue tangkep dari seorang PRT yang saat ini kerja, dan gue anggep jadi anggota keluarga baru dirumah.. Gabungnya baru sekitar 2 bulan-an.. Asalnya dari Garut, jawa barat.. Dan usianya 17 tahun..
"17 tahun".. Usia yang sama disaat gue sedang menikmati masa remaja indah bareng temen-temen gue buat nyari 'identitas dan jati diri sesungguhnya'.. Main sana-sini, kenal orang baru, serta ngelakuin hal-hal perdana buat gue, merupakan kerjaan yang jadi PR dimasa remaja gue kala itu..

Sudut pandang sebagai remaja desa nya, ternyata masih melekat dan gue rasa itu emang kepribadiannya.. Dia merupakan tulang punggung keluarga, dari ke 3 orang adiknya yang masih kecil-kecil.. Makannya dia ke Jakarta buat 'mencoba' memenuhi kebutuhan keluarganya..
=== 

Kalo dirumah, dia biasa sapa gue dengan panggilan "Kakak Fika".. Karena gue lagi libur kuliah, jadi banyak interaksi antara gue dan "teteh" (sapaan gue buat dia), yang ngomongin banyak hal..
Kerjaan rumah, banyak yang gue bantu buat jelasin fungsi dan cara pengerjaan mesin-mesin pembersih peralatan rumah tangga, supaya dia juga mudah ngerjainnya (kalo urusan masak, maap gue belum paham, hehehe)..

Tipikal cerdas dan cepet 'nangkep' informasi yang gue beri, merupakan salah satu kelebihan yang dia punya dan gue sukai.. Even pendidikannya nggak lebih dari tamatan Sekolah Dasar, tapi gue rasa dia cukup terampil dalam banyak hal..

Ciri tahapan remajanya masih kental terasa.. Maklum, masih 17 tahun.. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang sedikit nyeleneh yang dia tanyakan ketika dia melihat sesuatu yang menurutnya baru (ke gue).. Dan gue.?! Cukup paham untuk bantu jelasin sudut pandang dan bila perlu pengertian dari suatu hal yang dia tanyakan, sampai dia pun ikutan sepaham kayak gue.. Norma yang dia anut, cukup gue beri acungan jempol.. Pribadi simple yang paham sikon, tau diri, serta sadar akan posisinya, bikin dia jadi remaja yang keren (menurut gue)..

Nggak mandang dia sebagai seorang pembantu rumah tangga, gue tetep salut sama pribadinya.. 
===

"Gue dapet pelajaran lagi.. Ini berharga dan bermakna (dalam)"
"Terimakasih yaa teh"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar