Selasa, 17 Februari 2015

Good News

Pagi ini gue seneng banget.. Lagi-lagi seneng dan bahagia karena dapet kabar bahagia juga..

Seperti biasa rutinnya hari Selasa & Jum'at, selama libur kuliah ini gue pake buat nemenin Mama HD.. Dan pagi ini pun aktivitas itu kembali terjadi..
Kebetulan, minggu lalu rutinnya Mama cek darah dan segala konten detilnya.. Apa aja konten detilnya, itu mulai dari Ureum, sampe ada yang namanya Kreatin (zat racun yang harus dibuang)..

Awalnya gue sangat asing dan sama sekali nggak paham apa nama-nama latin nan 'aneh' itu.. Tapi, karena itu semua akan berurusan juga sama nyokap jadi mau nggak mau gue harus cari tau dan pelajari seluk buluknya, yaa minimal pengertian dari itu semua lah gue paham.. Jadinya kan setelah gue paham, gue bisa tau apa yang mesti gue lakukan dan tindak lanjuti kalo ada yang nggak beres sama nyokap..

Oke, sekedar info, individu yang sudah di vonis untuk melakukan cuci darah atau yang biasa di sebut dengan Haemodialisa (HD) adalah individu yang memiliki 'kelainan' atau 'masalah' dengan organ dalam tubuhnya terutama ginjal, jantung, dan paru-paru (mungkin bisa juga karna hal lain).. Fungsi ginjal yang seharusnya, menjadi tidak berfungsi dengan baik dan bahkan ada juga yang sudah tidak bisa berfungsi lagi.. Hal itulah yang mengharuskan individu tersebut  melakukan cuci darah (pembersihan racun-racun dalam tubuh melalui darah) minimal satu kali dalam seminggu (karena setau gue ada yang 1 kali seminggu, 2 kali seminggu, dan bahkan ada yang 3 kali seminggu, tergantung kebutuhannya seperti apa)..

Oiia untuk pembahasan konten detil tadi, itu ada pemeriksaan Ureum.. Ureum sendiri (sesuai bacaan yang gue baca) adalah hasil dari metabolisme protein dalam tubuh yang kadar ureum darahnya tergantung dari jumlah protein yang ada dalam tubuh individu tersebut (baik yang dimakan tau yang diminum).. Sementara Kreatin, adalah zat racun dalam darah yang ada karena sisa dari Ureum yang sudah di produksikan ulang oleh ginjal melalui darah itu sendiri..
===

Dannn, apa yang menjadi kabar baik yang buat gue bahagia pagi ini.???
Hmmm tepat seminggu yang lalu selesai pengecekan, alhamdulillah kadar Ureum darah dalam darah Mama berada pada tingkat yang rendah.. Itu berarti racun dalam tubuh Mama minggu ini terbasmi pergi karena rutin melakukan cuci darah dan makan makanan bergizi dan kontrol minum (cairan yang masuk ke dalam tubuh) yang baik..

Ditambah lagi, hasil pemeriksaan itu menjelaskan bahwa angka HB (Hemoglobin) yang Mama punya, berada pada angka 12.. Dimana, HB itu sendiri merupakan molekul sel darah merah yang kerjaannya ngangkutin oksigen ke seluruh tubuh yang dapat mempengaruhi warna kekentalan dan kualitas darah itu sendiri.. Hal itulah yang kemudian bikin nyokap jadi selalu fresh, balance, fun, dan sehat terus..
*FYI, HB normal untuk perempuan dewasa adalah 12-16gr.. Dan ini kali pertamanya nyokap dapet angka HB yang masuk dalam kategori normal.. Biasanya cuman dapet angka 5-6 doang.. Huaaa gimana gue nggak senang tuh kannn...??? Semoga untuk selanjutnya akan terus seperti ini untuk kebaikan kesehatan nyokap gue.. Amin.. 😄*
===

Nyokap selalu bilang, kalo 'hadir' nya gue itu adalah 'obat' nya beliau.. Mungkin karena perhatian gue yang ekstra hampir sebulanan ini, kebutuhan akan kasih sayangnya jadi terpenuhi dengan baik, dan kondisi psikisnya itu pun mendukung kebaikan kondisi fisiknya beliau..
Gue seneng karena kesenggangan waktu (libur kuliah) gue ini bikin gue makin deket sama nyokap dan bokap..

Gue paham fisik dan psikis mereka semakin menua.. Banyak kebutuhan-kebutuhan psikis, mental, emosi dan segala tektekbengeknya yang baru pada tahapan baru yang harus terpenuhi, yang wajib dipenuhi oleh peran anak didalamnya.. Pahamnya ini yang buat gue lekat sama mereka..

Gue selalu berdoa untuk kebaikan mereka.. Walaupun kadang mereka masih anggap gue adalah Fika si anak bontot, tapi gue akan buktikan kalo gue anak bontot yang nggak manja, nggak childish dan bermanfaat..
#huaaa #gue #seneng #banget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar