Rabu, 17 Juli 2013

Masih ada yang lebih dari ini, "Terimakasih Samsul.."

Sangking seringnya bikin note di e71 itu, tulisan di blog jadi nggak terkontrol gini.. Maklum juga, kejadian dari aktivitas sehari-hari yang akhir-akhir ini didapet emang bukan makanan publik yang ceritanya bisa di shared sembarangan dan dibaca orang.. Karna emang bener-bener privasy banget dan menyinggung banyak hal yang cenderung negatif.. Yaa negatif..

Hmmm tapi ywdhlah.. Toh emosinya udah sedikit melemah karna udah bisa berbagi di note HP sendiri.. Se nggaknya udah jadi refleksi yang cukup menenangkan sikap yang menolak kejadian yang terus-terusan hadir belakangan ini.. Habis, mau limpahin semua rasa ini kesiapa lagi kalo nggak memaksimalkan semua yang ada dalam diri dan berhubungan sama diri.. Termasuk yaa kayak gini 'curhat' sama note HP..
(Itu juga jadi salah satu alasan tersendiri 'kebeletnya' pengen punya Nokia Lumia 920, yang dilengkapi sama fitur-fitur yang menunjang kebutuhan sehari-hari, dan punya banyak kelebihan yang nggak dimiliki smartphone lainnya..)

Kecenderungan untuk berbagi hal-hal negatif ke orang lain emang urung aku lakukan.. Alasannya tetep sama seperti yang sering aku katakan.. Takut mereka nggak siap nerima apa yang aku ungkapkan, Takut mereka nggak bisa memilah dan ngebagi mana urusan pribadi mereka, mana urusan pribadi orang lain yang bercerita tentang keluh kesahnya ke diri mereka, dan Takut story nya nggak aman..
Ngerti maksudnya.? Hmmm intinya sih nggak mau ngerepotin orang atas apa yang aku rasa.. Cukup aku dan Tuhan yang tau ini semua.. Karna yang 'tua-tua' pun udah nggak bisa diandalkan lagi dalam hal 'curhat-curhatan' atas situasi yang kisarannya sebanding sama barbel-barbel tempat fitness ku satu tahun lalu.. Hahaa..

Sejenak lupakan hal-hal yang 'sepertinya' hanya gejolak atas peristiwa yang datang menghampiri diri.. Dan aku yakin itu emang manusiawi dan panteslah dirasa..
Tujuan blog ini dibuat itu sebenarnya emang jadi mediasi dari apa aja yang udah kejadian setiap harinya dan dari apa aja yang udah aku lakukan bersama orang-orang sekitar..

Heeemmm sekarang enaknya ngebahas apa yah.?!
Oh ini aja..
Aku pengen ceritain pengalaman ku bersama hebatnya seorang anak kelas 6 SD yang udah kerja keras untuk sekedar nyari sesendok makanan, untuk bertahan hidup..

Hmmm.. Jadi gini ceritanya..
Pulang kampus hari Sabtu lalu (selesai latihan choir) emang udah menjelang magrib dan dalam keadaan mendung juga, alamat-alamat pengen turun hujan.. Ada tawaran pulang bareng dari salah seorang senior laki-laki yang sengaja aku tolak karna tujuan aku emang belum pengen pulang kerumah.. Alias masih pengen jalan-jalan sebentar untuk sekedar liat-liat kain songket, nggak lain dan nggak bukan tempatnya di PGC (Pusat Grosir Cililitan).. Harga yang cukup terjangkau, banyak pilihannya juga, dan kualitas yang nggak kalah sama kain-kain songket yang di jual-jual di butik-butik ternama di Jakarta, emang jadi alasan yang mengantarkan ku berkunjung ke toko-toko kain itu.. Dan alhamdulillahnya, si senior merasa 'its oke' dan doi pun lanjut jalan (pulang kerumahnya)..

Seperti biasa kendaraan yang digunakan untuk mengantarkan ku kesana yaa TransJakarta.. Dan aku memilih untuk jalan kaki dari depan kampus ke halte Pancoran Barat yang kata temen-temen jauh banget.. Abis setiap di tanya : 
"Fik kamu kalo naik busway turun dimana.?" 
"Busway.? Bisa gitu naik busway.? TransJakarta kalee.. Hahaa.." 
"Iyee-iyee TransJakarta.." 
"Hahaa di Pancoran Barat, emang kenapa.?" 
"Ih itu kan jauh banget, kenapa nggak turun di Tegal Parang aja lebih deket ke kampusnya.. Jalan kaki juga nggak terlalu jauh" 
"Hemmm iya sih tapi aku suka jalan jauh kok, jadi nggak masalah.."
Mereka selalu nanggepinnya kayak gitu..

Padahal aku ngerasa baik-baik aja dan nggak ada masalah.. Karna bagi aku kalo turun di Pancoran Barat dan jalan kaki dari 'ujung ke ujung' itu punya rasa aman tersendiri dan aku suka aja (sekalian olahraga soalnya).. Ketimbang turun di Tegal Parang yang kadangan macet (sering diliatin orang-orang yang berhenti karna macet, kan aku malu hahaa), dan mesti nyebrang pula *repot broo*.. 
Selain itu, alasannya juga karna waktu itu pernah denger cerita, ada temen se angkatan yang pernah ngalamin kecelakan, dimana doi ditabrak motor dan si pengendara motor nggak mau tanggung jawab, dan diketahui bahwa HPnya ilang di TKP.. Denger cerita kayak gitu dari temen-temen aku jadi ngeri dan jaga diri jangan sampe itu menimpa ku.. Jadi, daripada dapetin resiko yang segitu 'mengerikannya', mending nyari aman aja.. Iyaa nggak.?! Hahaa..

Okee lanjut ceritanya yaa..

Karna waktu itu aku masih belum ngejalalin ibadah puasa (karna lagi dapet 'bulannya'), sengaja aku nggak terlalu buru-buru untuk ngejar magrib.. Alhasil jalan pun rada santai sambil ngeliatin pemandangan sekitar yang lagi rusuh ngebangun trotoar jalan dan gedung-gedung baru..
Sampe di halte Pancoran Barat, nunggu bis TransJakarta sekitar 10 menit'an, akhirnya dateng juga itu bis orange yang didalemnya udah dipenuhin mulai dari para pekerja kantoran, anak kampus yang baru pulang kuliah, sampe ibu-ibu yang kayaknya baru pulang dari pasar Blok M (sok tau banget yee hahaa)..
Dan desak-desakan pun dimulai, tapi tetep mesti enjoy karna ini bis bukan milik personal kannn.?!.. 

Perjalanan pun ditemenin sama hujan yang tiba-tiba turun lebat tepat banget pas udah di dalem bis *Tuhan baiknyaaa ngelindungin aku :")..
Sekitar setengah jam, akhirnya sampe juga di halte PGC.. Kembali ke niat awal, naik lift ke lantai 2, dan mari nguber/liat-liat kain songketnya.. Waaa ternyata barang masih sama kayak bulan lalu.. Kata mba-mba nya sih kalo bulan puasa kayak gini yang beli songket rada menurun, karna konsumen pada ngincer baju langsung pake/baju jadi untuk lebaran nanti.. Jadi bos nya memutuskan untuk nggak belanja dulu, karna takut harga jatoh, bahan jadi buluk, sementara konsumen menurun drastis kayak gini.. "Balik lagi aja yaa kak abis lebaran.. Insya Allah abis lebaran barang baru semua dan pilihannya variatif" begitu kata si mba-mba penjualnya..

HUHH.. Padahal kepengen liat dan cari referensi untuk bikin bawahan kebaya perform.. Tapi udah nyari ke beberapa toko disana, jawabannya ternyata sama.. "Balik lagi aja kak abis lebaran.."
Yeee emang kerjaan ogut cuman 'ngelongokin' kain-kain itu doang apah.?! Ada-ada aja ini si mba-mba PEGECE.. Hahaa..

Karna apa yang dicari nggak di dapet, akhirnya nyamperin toko baju yang baju-bajunya biasa aku pakein tiap hari kekampus.. Yang polos-polos itu loh.. Pasti anak-anak kelas dan temen-temen choir udah pada apal sama style an aku dengan baju polos berwarna, dilengkapin sama warna kerudung bahan paris yang setipe, tanpa model-model hijab jaman sekarang yang menurut ku rada menyulitkan kalo setiap pake kerudung mesti begitu.. Selain model kerudung yang ribet, butuhin banyak jarum pentul, juga make kerudungan gitu nggak cukup waktu sebentar.. Jadi lebih memilih untuk sederhana dan simple aja.. Hahaa..
Yaaa sembari nyari gampangnya aja kalo di ciriin orang karna lihat dari fisik udah punya ciri khas yang serba polos (termasuk orangnya juga polos, jadi butuh sosok yang bisa ngisi kepolosan ini.. *halahh hahaaa)..

Bahan yang nyaman, ukuran yang pas, dan kualitas barang ekspor, emang jadi pilihan untuk menunjang kebutuhan 'sandang' ini.. Kalo kebutuhan 'pangan dan papan' kan udah ada yang menuhin.. Jadi sekarang belajar menuhin kebutuhan sandang sendiri.. (Sebelum nanti jadi orang yang bakal kerjasama sama partner hidup untuk menuhin 3 kebutuhan itu ke anak turun.. Waktunya emang masih lama.. Cuman nggak ada salahnya dong kalo mulai belajar itu semua dari sekarang.?! Hahaa..)

Karna udah lama langganan juga, jadi udah deket juga sama mba Yuni (penjaga toko Konya Outlet).. Mba Yuni yang baru nikah bulan April lalu dan baru pindah rumah ke Tanggerang itu juga sering banget 'curhat' masalah pribadinya ke aku.. Katanya "Kak Fika mah orangnya enak".. 
Asumsi ku doi sengaja banget bilang gitu biar aku lama-lama di outletnya dan beli barang-barang yang dijualnya.. Sembari doi curhat, sembari aku dengerin curhatannya, sembari aku disuguhin barang-barang bagus (baju, celana dsb).. Hahaa emang cuman asumsi doang sih.. Nggak tau bener apa nggak nya.. Namanya juga manusia, berhak lah punya asumsi, sekalipun calon Psikolog yang lagi ngejalanin prosesnya ini <= ngeless aja padahal hahaa..

Nggak terasa waktu udah menunjukan pukul 9 malam.. "Yaaa pulang malem lagi deh ini, padahal mah niatnya kan nggak nyampe semalam ini"..
Pamitan sama mba Yuni, akhirnya aku keluar dan ternyata hujan masih lebat banget.. Lantai pintu Mayjen Sutoyo yang licin hampir membuatku terpeleset.. "Jangan sampe aja ini jatoh untuk yang ke 2 kalinya, di PGC.. Wahh muka mau taro dimana muka.?!"

"Mau nggak mau terobos aja gimana.? Lupa sih yaa bawa payung.."

Lagi ada pikiran kayak gitu, tanpa direncana tiba-tiba ada seorang anak laki-laki membawa payung ukuran standar, dengan keadaan yang basah kuyup.. "Ibu ojeknya bu.?!"
APAHHH.?! IBU.?! Ya Tuhan.. Kayaknya dari tadi keliling-keliling PGC, yang nawarin aku barang dagangannya pada manggil aku 'kakak' kenapa tiba-tiba anak yang lagi kuyup ini manggil aku dengan sapaan 'ibu'.? Ada yang salah kah.? Keliatan tua banget kah diri ku.? Ya Tuhan u,u*

Sempet shock sih pas adek itu nyapa kayak gitu.. Tapi pas merhatiin apa yang dia tawarkan, aku langsung nanya "kenapa dek,?" 
"Ojek hujan bu.." jawabnya
HAHHH IBU lagi.?! aaaaaaaaa *emot sedih mana emot sedih.?!*

Oh ternyata dia seorang penjual jasa ojek hujan.. Mikir, nggak ada salahnya gunain jasa si adek.. 
"Hah.?! Ywdh ayoo.." (dengar tanggapan ku, si adek itu langsung ngasih payungnya ke aku).. 
"Sinih kamu juga ikutan aja barengan, kasian kamunya kehujanan.." 
"Nggak apa-apa bu, udah basah juga" 
"Nggak usah panggil ibu lahh, nggak enak dengernya (sambil ketawa-tawa).. Nama kamu siapa.? Kamu kelas berapa.? Kamu tinggal dimana.? Udah lama kerja kayak gini.?"
Pertannyaan yang aku lontarkan ke si adek emang to the point karna rasa kepo yang berlebihan ini.. Dengan setengah-setengah linglung, jawaban si adek yang bisa aku riskas kayak gini :
"Saya kelas 6 SD mba, saya tinggal di Kalibata, kerja kayak gini cuman setiap hujan doang kok mba.." 
(yaa iya lah cuman pas ujan, orang judulnya ojek hujan -_-".. salah aku juga sih ngasih pertannyannya kayak gitu, hahaa)

Perjalanan dari pintu Mayhen Sutoyo ke tempat 'fullnya' Trans Halim emang cukup jauh kalo jalan kaki.. Dan selama perjalan itu juga, aku banyak ngobrol sama si adek.. Namanya Samsul.. Sampul tinggal di Jakarta besama keluarga dari salah satu saudara jauhnya.. Ia asli dari Muna, yang kalo dilihat dari atlas Indonesia itu letaknya di Sulawesi Tenggara.. Umur Samsul sekitar 12 tahun.. Jadi nggak salah emang kalo tadi dia bilang dia kelas 6 SD.. 

Kehidupan keras di ibukota emang membuatnya harus melakukan pekerjaan yang nggak seharusnya di kerjain.. Tekanan hidup ditengah keluarga besar yang bukan keluarga aslinya (karna keluarganya di Muna sana), membuat aktivitasnya harus berjalan walaupun butuh usaha dan kerja keras sendiri.. 
"Sekolah SD di Jakarta gratis mba, dan nggak jauh juga dari rumah.. Jadi nggak perlu uang banyak dan nggak perlu jalan jauh.." begitu katanya.. 
Dari fisik keliatan bangset si Sampul ini kurang afeksi dari orang sekitar.. Tubuhnya yang kurus, pakaiannya yang terlihat kusam/dekil, dan rambunya itu yang gondrong.. (eehhh bukan berarti cowo-cowo bergondrong diluar sana kekurangan afeksi loh yaa hahaa).. 

Denger cerita Samsul yang cukup terkecoh karna logatnya yang masih kental, membuat aku berkaca pada diri sendiri.. Di usia biologisnya yang masih sangat muda, Sampul mampu belajar untuk terus dan tetap berdiri diatas kakinya sendiri.. Ngelawan semua halang rintang, dan duri-duri tajam, yang acap kali ia terima sebagai 'tamu' tak diundang kehadirannya dalam keluarga saudaranya di Jakarta ini.. Rasa kangen dan butuh perhatian dari orang tua kandungnya pun pasti sangat menjadi suatu hal yang membuatnya merasa kebutuhan dalam dirinya terpenuhi.. Namun lagi-lagi karna himpitan ekonomi yang mengharuskannya hidup terpisah dengan keluarganya dan membuat semua ini harus ia lakukan.. HARUS.. 

Ternyata masih banyak yang lebih dari ini.. Iyaa masih banyak orang-orang diluaran sana yang punya masalah lebih berat dari barbel-barbel di tempat fitness.. Masih banyak yang bisa membuat dirinya yakin kalo diri sendiri bisa ngatasin ini semua tanpa ngerepotin banyak orang.. Dan masih panjang perjalan hidup yang mesti ditempuh dengan banyaknya 'asam garam' yang mesti di rasain, rasanya kayak apa biar 'lidah' berfungsi secara maksimal dengan bisa ngebedain mana yang manis, pait, asin, gurih, dan asem itu sendiri.. 

Terkadang suka maen pasrah-pasrah aja sama keadaan sekitar yang suka nggak sesuai sama kehendak diri.. Punya masalah pribadi yang masih susah nyalurinnya gimana, walaupun kalo udah dijalanin bisa aja terselesaikan dengan baik.. 
Pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman ku ketemu Samsul cukup banyak dan sampe membuat pikiran ku memiliki asumsi sendiri atas apa yang sedang aku alami sekarang.. 

Sesampainya di tempat pemberhentian akhir Trans Halim, aku memberi Samsul uang 10rb, yang katanya kebanyakan sambil ia menyodorkan kembalian uang 5rb yang udah basah juga kena air hujan.. Tapi dengan penolakan yang sopan aku bilang ini hadiah kecil yang nggak seberapa untuknya.. Hadiah karna udah kasih aku pelajaran di pertemuan yang singkat itu.. Pertemuan yang nggak nyampe setengah jam..

Dapet pelajaran emang nggak cuman dari buku, majalah, koran atau apapun.. Apalagi pelajaran hidup.. Kalo kita melihat 'ke bawah' dan ke sekeliling, semua bisa didapet dan ditemuin lewat kehidupan sehari-hari yang terkadang kita suka memangdang kecil itu semua.. Memandang sesuatu yang sebenarnya (baik secara langsung ataupun nggak), memberikan kita banyak pelajaran berharga yang mesti di resapi kehadirannya sebagai salah satu wujud syukur atas apa yang udah Tuhan beri, (baik/buruknya)..
"Terimakasih Samsul"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar