Rabu, 22 Juni 2016

Praktek Kerja Lapangan -Magang-

Jadi bulan Februari 2016 lalu, gue sama Geges jalan ke pasar mini buat beli nasi bebek.. Selesai beli nasi bebek, di mobil gue iseng nanya PDT (Poin Dual Transkrip) Geges udah ke kumpul berapa.. Maklum, kami mahasiswi [Psikologi] Universitas Paramadina harus punya minimal 40 poin PDT.. Dan Geges jawab, PDT dia masih belum sampai angka 40.. Gue kaget dong.. Langsung aja gue saranin dia buat ikutan seminar, workshop, atau kepanitiaan apapun dari kampus biar poin PDTnya bertambah, jadi bisa memenuhi syarat untuk sidang skripsi nantinya..

Eh nggak ada angin nggak ada ujan, tiba-tiba "Magang aja yukk pik disitu".. Geges nunjuk satu kantor pesis di depan pasar mini tempat kita parkir mobil.. Nama kantornya adalah MABES DIPSI AU yang merupakan singkatan dari Markas Besar Dinas Psikologi Angkatan Udara..

Hmmm keren juga sih, kalo misalkan kita bisa magang disitu..

Singkat cerita, setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya kami memutuskan untuk masuk pintu gerbang kantor dan memberanikan diri magang di lingkungan yang berlatar belakang militer-psikologi itu..

Dan tepat bulan Maret kami mulai magang..
Jenggggg---Jenggggg---Jenggggg

Hari pertama, bayangan gue udah aneh-aneh.. Gue bakalan di tempatkan di divisi berbeda sama Geges, dengan pekerjaan se-abreg dan lingkungan yang masih kaku karena gue butuh adaptasi sama lingkungan baru..
Dan, oke.. Ternyata gue salah.. Gue satu divisi sama Geges di Subdis Psibangan, begitu bapak-bapak anggota memperkenalkannya pada kami.. Kenapa bapak-bapak.??? Karena nggak ada ibu-ibu nya di ruangan itu, hehehe..

Gue kaku parah sih, awal-awal.. Karena disini, hirarki nya kentel banget, maklum yaa militer.. Walaupun Psikologi, tetep aja militer..

Hmmm kami paling deket (sok ngerasa deket sih, lebih tepatnya) sama pak Syafii dan kak Muchlis -kita sapa "kak" karena usianya cuman terpaut 3 tahun sama kami-

Gue dan Geges di ajarin banyak hal.. Hal nya apa aja, udah gue tulis semua di laporan magang jadi nggak akan gue copas kesini lagi, hehehe..

Lanjut..
Di MABES DISPSI AU ini, ada 3 Subdis dan Laboratorium Psikologi Penerbangan nya.. So, dengan 40 hari masa kerja lapangan, gue dan Geges dikasih kesempatan per-dua minggu ditempatkan di subdis-subdis tersebut..

Nah, setelah dua minggu di Subdis Psikologi Penerbangan, gue lanjut ke Subdis Psikologi Personel (subdis psipers).. Di subdis ini, terasa nggak terlalu kaku lagi, karena gue dan Geges udah mantep adaptasinya.. Ke bapak dan ibu di kantor, temen-temen dari kampus lain yang magang juga di sana, sampe mbah Ijan -mbah-mbah yang suka bantu-bantu disana-

Nah, di subdis psipers ini anggota yang usianya nggak jauh dari kami ada kak Ananta.. Kak Nanta kayak mentor banget di subdis psipers.. Sama kayak kak Muchlis, kak Nanta juga ngajarin gue dan Geges banyak hal yang kaitannya dengan psipers..

Masuk bulan kedua, gue dan Geges di tempatkan di Subdis Psikologi Pendidikan (subdis psidik).. Kebetulan, temen magang dari kampus lain, Jo (dari UPH) dan Ivan (dari Atmajaya) harus cabut dari kantor karna masa praktek kerja lapangan mereka yang udah selesai.. Jadi di kantor yang magang tinggal gue dan Geges doang..

Tapi jangan zedih zhayyy, ada bu Lilis yang siap menemani.. Bu Lilis adalah salah satu Psikolog yang kami temui di psidik.. Bu Lilis juga yang mengajarkan kami banyak hal, yang kaitannya sama dokumen-dokumen penting..

Dua minggu terakhir, gue dan Geges di tempatkan di Laboratorium Psikologi Penerbangan (Lab Psibangan).. Awalnya gue dan Geges kenalnya sama bu Nyoman, ibu PNS yang tugasnya jadi admin di lab psibangan ini, suka banget kasih gue dan Geges kejutan.. Termasuk menghadiahi gue handphone dan Geges lipstick.. Ada juga pak Pahakit yang selalu harum banget -gamers sejati- dan pak Ghofur yang ngajarin kami beberapa alat tes buat bakal calon penerbang.. Dan nggak ketinggalan, ada juga Kak Yudo.. Kak Yudo ini masih satu lifting sama kak Muchlis dan kak Nanta.. Jadi yaa usia kami nggak terpaut jauh-jauh amat lah yaa, hehehe.. Kak Yudo sih, yang paling sering ngajarin gue dan Geges hal-hal baru yang ada di lab psibangan..

Dan udah deh, gitu ceritanya.. Banyak banget sih sebenarnya cerita yang menarik dari gue dan Geges selama magang disana.. Apalagi pengalaman yang nggak bakal gue lupain karena udah berhasil bisa masuk ruang lingkup Psikologi-Militer yang kembali membangkitkan semangat gue buat jadi Perwira Psikologi (Amiiinnnnn, doain yaa guys)..

Dan belajar tiap detil dengan banyak nanya ke kakak-kakak mentor juga jadiin memori itu pakem ada di otak gue secara pribadi.. Pokoknya, gue mewakili Geges juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya pada bapak dan ibu di DISPSI AU yang udah kasih kami banyak pelajaran dan pengalaman bermanfaat.. Terlebih kasih semangat kami buat segera menyelesaikan skripsi yang sweet ini.. Hehehe..

Oiia untuk kalian yang KEPO gimana bentuk laporan praktek kerja lapangan gue, bisa kontak personal ke email yaa.. Thank you..

2 komentar:

  1. halo saya berminat untuk melihat laporan kerja yang sudah kakak buat. apakah saya boleh minta email kakak ? terima kasih

    BalasHapus
  2. halo saya berminat untuk melihat laporan kerja yang sudah kakak buat. apakah saya boleh minta email kakak ? terima kasih

    BalasHapus